86. Jika Membabarkan Beberapa Aliran Buddha Dharma di saat yang Sama

Aliran Buddhalu tai zhangxin ling fa men

86. Jika Membabarkan Beberapa Aliran Buddha Dharma di saat yang Sama

Tanya [86]: Sekarang saya mulai mempraktekkan aliran Master Lu, melafalkan PR harian dan Xiao Fang Zi, saya juga sudah merasakan hasilnya. Apakah boleh saya terus mempelajari aliran Buddha lainnya atau memuat wacana Master Lu di website saya, bersama dengan itu memasukkan juga wacana dari aliran Buddha yang lain? Apakah hal ini diperbolehkah?

Jawab [86]:

  • Anda boleh mempelajari 84 ribu aliran yang ada. Master sering mengatakan hal ini, mempelajari ajaran Buddha Dharma harus sesuai aturan, yang dimaksud di sini adalah anda harus mengetahui aliran ini, mengetahui apakah aliran ini bisa menyelesaikan permasalahan anda, sama seperti seorang dokter yang mengobati penyakit anda.
  • Saat anda mempelajari suatu aliran atau memuat wacana tentang salah satu aliran atau Pintu Dharma ini, anda akan menanamkan jasa kebajikan dalam aliran ini, bersama dengan itu hal ini akan membantu anda untuk menghapuskan karma buruk anda.
  • Bila di saat yang bersamaan, anda mempelajari aliran atau menyebarkan aliran yang lain, ini seperti anda membuka satu toko, dengan modal dan pendapatannya sangat bagus, untuk sementara kita umpamakan pendapatan anda sebagai jasa kebajikan, di saat yang sama anda membuka satu cabang toko lagi, jika toko yang satunya juga ada pemasukan, tentu saja ini adalah hal yang baik, tetapi bila toko yang satu ini tidak ada pendapatannya, bukankah anda harus menggunakan modal dan pendapatan dari toko pertama untuk menambal kekurangan dari toko kedua? Inilah yang dinamakan kekurangan dalam mempelajari ajaran Buddha Dharma.
  • Jika anda menekuni dua aliran di saat yang bersamaan, maka mudah muncul cacat dari hal ini, sebenarnya mungkin anda sudah memiliki jasa kebajikan, jika saat anda menyebarkan aliran lain dan aliran ini belum tentu cocok dengan anda, maka hal ini akan mempengaruhi aura anda, energi dan perputaran energi aliran itu sendiri.
  • Semakin banyak aliran yang dipelajari, maka akan seperti semakin banyak pelajaran yang dipelajari, tidak akan bisa dipelajari dengan sempurna, maka mempelajari suatu hal harus fokus. Jika anda sudah menemukan aliran yang cocok dengan diri anda, maka sebaiknya jangan mempelajari aliran lainnya, seperti seorang atlit yang mahir dalam lompat tinggi belum tentu mahir dalam berenang, sebaliknya atlit yang ahli dalam berenang, belum tentu bisa lompat tinggi. “zhuan yi – terpusat pada satu hal”, “zhuan jia – para ahli”, “zhuan xin – konsentrasi”, “zhuan ye – spesialisasi”, semuanya menitikberatkan kata “zhuan”, prinsipnya sama saja. Jika seseorang mendapatkan juara satu dalam segala hal, maka usaha yang dilakukannya sangatlah berat, dan juga persentase keberhasilannya sangat rendah.
  • Jika seseorang belum memutuskan akan mempelajari aliran yang mana, maka dia masih boleh mengenali banyak aliran lainnya, tetapi jika dia sudah memutuskan untuk mempelajari satu aliran, maka sebaiknya jangan membaca atau menyebarkan wacana dari aliran lainnya. Ini sama halnya dengan seseorang yang mengambil fakultas ekonomi moneter di sebuah universitas, janganlah mengambil juga jurusan arsitektur, seni, dan lainnya, karena pada akhirnya dia mungkin tidak akan lulus dari jurusan mana pun.
  • Saat seseorang mempelajari banyak aliran kepercayaan, dan apabila orang tersebut tidak memiliki kebijaksanaan, maka semakin banyak aliran yang dipelajari akan membuatnya semakin bingung. Saat seseorang tidak memiliki pemikiran dan pandangan yang jelas, seperti halnya orang yang sakit kritis, jika ada temannya yang mengatakan dokter ini baik, dokter yang itu bagus, lalu dia berobat pada semua dokter itu, maka kemungkinan besar penyakitnya malah akan terhambat pengobatannya, dan orang ini pasti akan meninggal karena penyakitnya tidak bisa ditangani dengan baik oleh dokter mana pun, inilah mengapa ditekankan pentingnya untuk memilih dan mendalami satu Pintu Dharma (aliran kepercayaan) saja.
Admin

Admin

"Master Jun Hong Lu" Dharma Events

Since 2010, in response to the invitations from Buddhist followers around the globe, "Master Lu" have organized Dharma events in many countries including Australia, United States, Canada, Belgium, Spain and many more.