165. Perihal Mimpi - Apakah makna dari mimpi yang kita alami di malam hari?

mimpumaksud mimpiperihal mimpiBahasa Indonesia

165. Perihal Mimpi - Apakah makna dari mimpi yang kita alami di malam hari?

Tanya [165]: Mohon petunjuk Master, apakah makna dari mimpi yang kita alami di malam hari?

Jawab [165]:

  • Alam mimpi adalah salah satu cara bertukar informsi antara kita (manusia) dengan alam roh, ada beberapa mimpi mengisyaratkan makna tertentu, ada juga mimpi yang disebabkan karena terlalu banyak pikiran, atau bisa juga gambaran kehidupan sebelumnya.
    Mimpi bisa memberi kita pengelihatan atau isyarat, tetapi tidak boleh terlalu berpegangan sepenuhnya pada mimpi.
  • Ada beberapa mimpi terkadang setelah terbangun sudah tidak bisa diingat dengan jelas, atau alur mimpinya terputus-putus, berarti mimpi tersebut tidak terlalu bermakna.
    Ada beberapa mimpi sangat mirip dengan kejadian atau pemikiran dalam dunia nyata, mungkin saja karena orang tersebut terusmenerus memikirkan hal atau masalah yang sama, mimpi seperti ini juga tidak berarti apa-apa.
  • Ada beberapa mimpi seperti makan daging, membunuh makhluk hidup dan lain-lainnya, ini mungkin saja ujian mimpi, silahkan membaca {Tanya Jawab Seputar Dharma – Fo Xue Wen Da No. 90: perihal ujian mimpi}.
  • Bila bermimpi tentang masa lampau atau masa-masa di saat perang, sangat mungkin mimpi mengenai kehidupan di masa sebelumnya, jika tidak ada kejadian khusus tidak perlu terlalu dipikirkan, yang sudah berlalu biarlah berlalu, tidak ada gunanya diingat-ingat kembali; jika bermimpi diri sendiri berbuat karma buruk di kehidupan sebelumnya atau mengalami kematian dan kejadian sejenisnya, biasanya menandakan akan ada halangan atau bencana dalam waktu dekat, harus memperkuat pelafalan paritta dan melatih hati dengan baik.
  • Jika dalam mimpi ada orang yang sudah meninggal, tidak peduli dalam keadaan apa pun, biasanya berarti mereka datang untuk meminta paritta, perlu melafalkan Xiao Fang Zi yang ditujukan kepada nama almarhum tersebut, biasanya sedikitnya melafalkan 7 lembar Xiao Fang Zi, jika orang itu adalah sanak keluarga atau teman baik, biasanya melafalkan 21 lembar Xiao Fang Zi.
  • Bila bermimpi dikejar-kejar untuk dibunuh, atau dimintai uang atau barang, biasanya itu adalah penagih hutang karma diri sendiri, harus melafalkan Xiao Fang Zi.
  • Bila bermimpi hamil (tetapi dalam kehidupan nyata tidak hamil dan tidak memohon untuk hamil), atau bermimpi ada anak kecil, biasanya itu adalah arwah anak yang keguguran atau digugurkan, maka perlu melafalkan Xiao Fang Zi yang ditujukan untuk anak kita (anak dari XXX), jika saat mendoakan arwah anak ini, bisa memimpikan seorang anak memakai baju yang bersih dan bagus lalu anak itu dengan bahagia mengucapkan selamat tinggal pada anda, atau anak itu dibawa pergi orang lain, atau bermimpi orang lain hamil, ini berarti arwah anak itu sudah pergi ke alam yang lebih baik.
  • Bila bermimpi tentang binatang peliharaan atau hewan ternak yang mati, biasanya ini adalah arwah binatang yang dulunya pernah dimakan atau dibunuh, harus terus melafalkan {Wang Sheng Zhou}.
  • Terhadap beberapa mimpi yang kurang baik, contohnya dalam mimpi terasa semuanya gelap, merasa takut, ada bencara, ada barang-barang yang kurang baik (seperti ular, kucing, ulat, sepatu dan lain-lainnya), ini menandakan akan adanya halangan, paritta di dalam PR harian harus memperkuat pelafalan paritta {Xiao Zai Ji Xiang Shen Zhou}, {Wang Sheng Zhou}, bila bermimpi tentang sepatu biasanya harus menambah pelafalan {Jie Jie Zhou}, dan harus tekun melafalkan Xiao Fang Zi untuk penagih hutang karma sendiri, disertai dengan melepaskan makhluk hidup dan berikrar.
  • Bila dalam mimpi terasa terang, indah, merasa senang, ada Master atau Pu Sa atau Biksu ternama, ada binatang keberuntungan, makanan segar dan hal sejenisnya adalah mimpi yang baik, menandakan kelancaran dan kebahagiaan, tetapi tetap harus terus melafalkan paritta dan melatih hati dengan baik.
  • Berikut ini adalah mimpi yang sering terjadi, boleh dijadikan bahan acuan.

Binatang

  • Binatang keberuntungan (seperti naga, burung merak, burung hong, qilin / kylin dan lainnya): ini adalah pertanda baik, keberuntungan akan datang.
  • Ikan: bermimpi melihat ikan yang hidup menandakan keberuntungan dan peruntungan dalam uang; bermimpi tentang ikan mati menandakan duka, harus melafalkan {Wang Sheng Zhou}. (bila bermimpi tentang hewan ternak lainnya jika dalam keadaan hidup biasanya pertanda yang baik).
  • Anjing: anjing dalam mimpi melambangkan teman, jika di dalam mimpi anjing itu baik pada kamu, berarti teman akan baik kepada anda, begitu juga sebaliknya.
  • Kura-kura: panjang umur. (namun terkadang dalam keadaan yang berbeda, memiliki makna yang tidak sama).
  • Ular, kucing, tikus, hewan buas (harimau, buaya, serigala, panda dan binatang buas serta binatang liar lainnya), kelelawar, gagak, laba-laba dan sebagainya: biasanya mengisyaratkan kesialan dan ketidaklancaran, haru melafalkan {Xiao Zai Ji Xiang Shen Zhou}, {Wang Sheng Zhou}.
  • Ulat: biasanya menandakan masalah, karma buruk. Terutama bila bermimpi ada banyak ulat di tubuh sendiri, biasanya menandakan karma buruk akan segera berbuah.
  • Hewan ternak: jika dalam keadaan mati atau menyerang, biasanya menandakan karma membunuh yang pernah dilakukan
    sebelumnya, harus melafalkan {Wang Sheng Zhou}.

Barang-barang

  • Gigi: bermimpi gigi bermasalah, biasanya mengisyaratkan salah satu anggota keluarga akan bermasalah dengan kesehatannya atau memburuknya hubungan dengan keluarga. Gigi atas
    melambangkan orang tua atau generasi yang lebih tua, gigi bawah melambangkan generasi yang lebih muda.
  • Sayuran dan buah-buahan: bila dalam keadaan segar ini pertanda baik, berarti anda sudah melatih diri dengan baik, nasib baik akan datang; jika buah tidak segar atau buruk berarti hasil pelatihan tidak baik, harus diteliti apakah telah melakukan perbuatan atau hal-hal yang tidak sesuai dengan Dharma dalam melatih diri, atau ada kekurangan lainnya.
    Makanan (kue tar, cokelat dan lainnya): bila dalam keadaan baik berarti nasib baik, bila rusak atau basi berarti tidak bagus.
  • Jiao Zi / kuo-tie: berarti keluarga akan berkumpul kembali.
  • Mie: panjang umur.
  • Kendaraan umum (mobil, kereta api, pesawat terbang, kapal dan lainnya): bila dikendarai dalam keadaan normal pertanda baik, berarti kelancaran dan perkembangan; jika dalam keadaan rusak, terjebak, berarti masalah dan ketidaklancaran.
  • Baju baru: menghilangkan yang lama, menyambut yang baru, berarti karma buruk terhapus.
  • Baju lama: biasanya melambangkan karma buruk, harus melafalkan paritta dan melatih diri dengan baik, bertobat atas kesalahan sebelumnya dan berusaha menghapuskan karma buruk.
  • Sepatu: biasanya melambangkan ketidaklancaran dan masalah, juga mungkin permasalahan yang akan muncul dalam hubungan sosial, ini seperti “chuan xiao xie – memakai sepatu kecil” (pribahasa yang berarti dipersulit orang lain).
  • Rambut: rambut melambangkan kerisauan, bila bermimpi rambut menjadi panjang berarti terlalu banyak masalah, haru lebih banyak melafalkan {Xin Jing}; jika bermimpi rambutnya dipotong pendek berarti kerisauan sudah hilang.
  • Mata, kacamata: mata melambangkan jiwa, biasanya bila bermimpi matanya bisa melihat sesuatu dengan sangat jelas, berarti jiwanya sangat bersih, jika yang dilihat buram atau tidak jelas, berarti jiwanya tidak bersih. Kacamata melambangkan kaca jendela hati. Bila kacamatanya rusak, kotor, berarti hatinya tidak bersih, memiliki pandangan yang salah, tidak melihat dengan jelas dan benar.
  • Payung: berarti dalam akan ada kerenggangan hubungan.
  • Kunci, gembok: jiwa adalah gembok, Dharma itu kuncinya, jika bermimpi tidak bisa membuka gembok, berarti masalah yang mungkin sedang dihadapi tidak bisa terselesaikan, atau orang tersebut hatinya tidak terbuka, harus banyak melafalkan {Xin Jing}, lebih sering membaca {Bai Hua Fo Fa}.
  • Jam atau waktu: berarti harus memanfaatkan waktu dengan lebih baik untuk melafalkan paritta dan melatih hati, jangan lengah.
  • Uang: uang adalah perpaduan dari keberuntungan dan kesialan.
    Jika di dalam mimpi, anda merasa uang yang didapatkan itu halal, berarti akan ada rejeki yang datang pada anda. Tetapi terkadang ada orang yang datang meminta uang atau memberikan uang, biasanya hal ini berhubungan dengan Xiao Fang Zi, perlu melafalkan Xiao Fang Zi untuk penagih hutang karma sendiri.
  • Uang palsu: harus memperhatikan kualitas pelafalan Xiao Fang Zi.
  • Paritta rusak: berarti melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan ajaran Dharma, atau ada suatu kekurangan, atau paritta yang dilafalkan tidak terlalu bagus, atau bersikap tidak hormat dan lainnya.
  • Peti mati: jika di dalam mimpi keadaannya terang dan menyenangkan, berarti akan ada rejeki yang datang; jika dalam mimpi merasa takut atau merasa peti mati tersebut dipersiapkan untuk salah satu anggota keluarga, berarti mungkin orang tersebut ada masalah kesehatan.
  • Kotoran: bila bermimpi kotoran manusia (yang normal) itu melambangkan akan ada rejeki. Bermimpi kotoran hewan berarti kesialan. Jika dalam mimpi, kotoran tersebut sangat kotor, bau dan menggelikan, juga berarti kesialan, bahkan mungkin menandakan kotoran dari neraka.
  • Altar Buddha: jika bermimpi altar Buddha tidak bersih, dupanya patah, lampu minyak padam, bunganya layu dan sejenisnya, ini berarti dalam memberikan persembahan di altar ada bagian yang tidak sesuai dengan aturan, atau hatinya tidak tulus, pikirannya tidak bersih dan sebaginya, harus mengoreksi diri dan menyesali kesalahan yang dilakukan; jika rupang Pu Sa menghilang atau jatuh, berarti Pu Sa sudah pergi; jika rupang Pu Sa yang di altar raut wajahnya berubah, terasa dingin dan menakutkan, berarti ada arwah asing yang masuk ke dalam rupang, harus melafalkan sedikitnya 21 lembar Xiao Fang Zi yang ditujukan kepada arwah penunggu rumah, dan harus bersembahyang dengan lebih tulus dan hormat.

Tokoh atau orang tertentu

  • Buddha / Pu Sa / Dewa: berarti anda berjodoh dengan Buddha dan Dharma, atau berarti anda melatih diri dengan baik.
  • Master: mendapatkan berkat / kekuatan dari Master. Semua hal yang dikatakan Master dalam mimpi itu benar adanya. Tetapi jika Master yang di dalam mimpi, perbuatan dan perkataannya jauh berbeda dengan biasanya, itu berarti ada yang menyamar, bukanlah tubuh Dharma Master, harus melafalkan Xiao Fang Zi untuk penagih hutang karma sendiri.
  • Orang terkenal, pemimpin: akan ada nasib baik.
  • Orang yang sudah meninggal: jika bermimpi orang yang sudah meninggal, berarti arwah orang tersebut datang meminta paritta, perlu melafalkan Xiao Fang Zi untuk mendoakan arwahnya. Bila dalam mimpi orang yang sudah meninggal itu meninggal sekali lagi, menandakan arwahnya akan bereinkarnasi lagi, anda bisa memohon pada Pu Sa dan secepatnya melafalkan lebih banyak lagi Xiao Fang Zi untuk mendoakannya. Boleh memohon Guan Shi Yin Pu Sa: “Saya XXX dalam waktu tertentu akan melafalkan sejumlah Xiao Fang Zi (biasanya 21 lembar ke atas) untuk YYY, mohon Pu Sa memberkati YYY agar bisa menerima Xiao Fang Zi ini supaya bisa naik ke alam yang lebih baik.”
  • Orang yang masih hidup: jika dalam mimpi tidak ada kejadian yang khusus, berarti anda cukup berjodoh dengan orang ini. Jika di dalam mimpi, orang ini terlihat tidak seperti biasanya, galak atau marah, merugikan anda atau meminta uang kepada anda dan sebagainya, berarti anda berhutang karma kepadanya, harus melafalkan Xiao Fang Zi untuk orang tersebut.
  • Ada orang yang datang ke rumah anda: jika tidak dikenal biasanya menandakan ada arwah asing yang berdiam di rumah anda, harus melafalkan Xiao Fang Zi yang ditujukan untuk arwah penunggu rumah anda.
  • Hei Bai Wu Chang - Hitam Putih, dua petugas akhirat pencabut nyawa: berarti anda sudah melakukan kesalahan besar atau karma buruk yang berat, atau akan menghadapi bencana besar. Perlu berikrar besar, dan harus melafalkan {Li Fo Da Chan Hui Wen} untuk menyesali kesalahan yang dilakukan dengan sungguhsungguh, berikrar akan melafalkan Xiao Fang Zi dalam jumlah besar dan melakukan pelepasan makhluk hidup (fang sheng) dalam jumlah banyak.

Kejadian

  • Bertengkar: bermimpi bertengkar dengan orang yang dikenal, maka berarti akan mencapai kesepakatan dalam suatu hal, boleh melafalkan {Jie Jie Zhou}.
  • Pindah rumah: menandakan akan ada perubahan dalam beberapa hal, jika dalam mimpi berpindah ke tempat yang lebih baik berarti akan ada perkembangan ke arah yang baik, jika dalam mimpi berpindah ke tempat yang kurang bagus, berarti dalam beberapa hal akan mengalami masalah.
  • Mendaki gunung, naik lift: bila naik ke atas bertanda baik, bila turun ke bawah berarti kemunduran / penurunan.
  • Kehilangan barang: menandakan akan ada masalah.
  • Mendapatkan kembali barang yang hilang: kepercayaan diri terbangun kembali, akan diberi kelancaran.
  • Tidak mengenakan pakaian: berarti ada karma buruk, dulu pernah melakukan perbuatan yang kurang baik atau tidak senonoh, harus menyesali kesalahan yang pernah dilakukan, melafalkan paritta dan melatih diri dengan baik.
  • Melakukan hubungan suami istri atau hal-hal lain yang kurang sopan: mungkin hati anda kurang bersih, harus melatih hati dan pikiran serta melafalkan paritta dengan lebih baik.
  • Kebakaran: ada kebakaran besar atau terbakar, terluka, semuanya menandakan masalah. Jika apinya kecil mungkin akan ada keberuntungan.
  • Rumah bocor: biasanya akan timbul masalah dalam keluarga atau di rumah, jika airnya bersih dan sedikit, berarti akan ada rejeki.
  • Berenang: jika berenang dengan baik berarti kelancaran, jika tidak maka sebaliknya.
  • Ujian: jika ujiannya bagus, akan ada kelancaran, biasanya juga bisa berarti sudah melatih diri dengan baik belakangan ini, jika sebaliknya maka berarti ketidaklancaran, harus melatih hati dengan lebih baik lagi.
  • Melepaskan makhluk hidup, membabarkan Dharma pada orang lain: melakukan kebajikan di dalam mimpi adalah suatu pertanda baik, dalam dunia nyata juga harus demikian. Jika dalam mimpi melihat ikan yang dilepaskan mati atau keadaan yang kurang baik lainnya, mungkin harus diperhatikan, apakah sewaktu melepaskan makhluk hidup ada kesalahan yang dilakukan, seperti jumlah ikan yang dilepaskan, tempat melepaskan ikan dan lain sebagainya. Jika ikan yang dilepaskan di dalam mimpi mati, harus melafalkan {Wang Sheng Zhou} serta paritta lainnya.
  • Dupa yang dibakar melingkar, sumbu lampu minyak membentuk bunga teratai: berarti ada Pu Sa yang datang ke rumah.
  • Mandi: menghapuskan karma buruk.
  • Bersih-bersih, beres-beres: menghapuskan karma buruk.
  • Menggunting kuku: menghapuskan karma buruk.
  • Hujan, hujan salju: bila hujan besar atau badai salju menandakan masalah, gerimis atau hujan salju kecil berarti keberuntungan. Bunga dan tanaman layu, barang menjadi jelek dan pertanda buruk lainnya: menandakan ketidaklancaran. Sebaliknya bila bermimpi semua tanaman tumbuh itu adalah pertanda baik.
  • Kematian: bila bermimpi orang yang masih hidup meninggal, menandakan orang tersebut akan ada masalah kesehatan, harus lebih tekun lagi melatih diri dan melafalkan paritta.
  • Sakit: menandakan tubuh anda tidak sehat. Hanya saja masalah kesehatan dalam dunia nyata akan lebih ringan daripada dalam mimpi.
  • Bencana: mungkin adalah mimpi yang sudah lalu, juga mungkin menandakan akan timbul beberapa masalah, harus melafalkan paritta dan melatih hati dengan baik, lebih banyak lagi membabarkan Dharma pada orang lain.
  • Pergi ke toilet: menghilangkan karma buruk.
  • Haid / menstruasi: menandakan keadaan kandungan atau organ reproduksi kurang bagus, harus lebih memperhatikan kesehatan tubuh, juga tekun melafalkan paritta dan melatih hati.
  • Muntah: mungkin menandakan keadaan pencernaan yang kurang baik; jika setelah muntah, tubuh merasa lebih nyaman, ini berarti karma buruk sudah terhapus.
  • Melafalkan paritta: berarti anda sudah melafalkan paritta ini dengan baik, dan paritta ini sudah masuk ke dalam alam bawah sadar anda; atau mungkin juga berarti anda perlu melafalkan paritta ini dengan lebih baik.

Angka

  • Tidak semua angka yang muncul dalam mimpi memiliki arti.
  • Jika dalam mimpi muncul permintaan paritta dan jumlahnya, maka biasanya angka ini berhubungan dengan jumlah Xiao Fang Zi yang harus dilafalkan. Contohnya ada orang asing yang mengatakan kamu berhutang 30 Yuan kepadanya, biasanya ini berarti anda harus melafalkan 30 lembar Xiao Fang Zi untuk penagih hutang karma diri anda sendiri. Untuk angka yang lebih besar jumlahnya seperti 18.000, jika di dalam mimpi tidak ada keadaan atau kejadian khusus, boleh mengambil angka di awal yaitu 18 lembar, bila angka tersebut sangat besar, seperti 3.600.000, maka anda bisa membaginya dengan 30.000, sama dengan 120 lembar Xiao Fang Zi, tetapi mungkin juga yang diminta 36 lembar atau 360 lembar. Bila dalam mimpi ada hal khusus yang terjadi, maka angka dalam jumlah besar ini, langsung mewakili jumlah Xiao Fang Zi yang diminta, contohnya 30.000 Yuan, dalam kondisi tertentu ini berarti tiga puluh ribu lembar Xiao Fang Zi.
    (semua tergantung dari keadaan yang terjadi dalam mimpi, contoh di sini hanya sebagai bahan pertimbangan).
  • Maka hal-hal seperti ini tidak bisa disamakan satu dengan lainnya, harus dipertimbangkan berdasarkan keadaan dalam mimpi dan hal-hal yang dialami dalam dunia nyata. Jika seorang penderita sakit parah bermimpi dimintai 500 Yuan, ini berarti 500 lembar Xiao Fang Zi, jika yang memimpikan hal ini adalah orang yang sehat, maka mungkin saja Xiao Fang Zi yang diminta hanya 50 lembar.
  • Dalam banyak keadaan tidak bisa dipastikan jumlah Xiao Fang Zi yang diminta, maka yang bisa dilakukan adalah terus melafalkan Xiao Fang Zi untuk penagih hutang karma diri sendiri, bila memang tidak dapat menafsirkan dengan tepat jumlah yang diminta, tetapi kita terus melafalkan Xiao Fang Zi, maka lambat laun para arwah itu akan terbantu juga.
  • Contoh-contoh yang di atas hanya sebagai bahan pertimbangan, terkadang bila kejadian yang dialami dalam mimpi tidak sama, maka akan ada penjelasan yang berbeda, alam mimpi hanyalah salah satu faktor pertimbangan, adalah salah satu petunjuk dalam perjalanan kita mempelajari ajaran Buddha Dharma, jadi janganlah terlalu berpegang penuh pada mimpi.
    Saat mengalami mimpi yang baik, janganlah mengumbarnya secara berlebihan, bila terlalu sering diceritakan, maka akan semakin banyak kekurangannya, ini bisa menyebabkan nasib baik yang seharusnya ada jadi hilang, dan lagi bila tidak melatih diri dengan baik dalam dunia nyata, maka pertanda baik yang muncul dalam mimpi juga akan berubah. Bila mengalami mimpi yang tidak baik, maka harus lebih berhati-hati dan tekun dalam pelatihan diri, perbanyak pelafalan paritta dan Xiao Fang Zi, melepaskan makhluk hidup dan berikrar, baru bisa mengurai bencana yang akan datang.
  • Tidak disarankan untuk sembarangan menafsirkan mimpi orang lain yang tidak percaya, karena anda akan mudah menanggung karma buruk orang tersebut.
Admin

Admin

Master Jun Hong Lu Dharma Events

Since 2010, in response to the invitations from Buddhist followers around the globe, Master Lu have organized Dharma events in many countries including Australia, United States, Canada, Belgium, Spain and many more.