Bervegetarian & 5 Macam Bawang-bawangan

vegetarianbervegetarianBahasa Indonesia吃素

Bervegetarian & 5 Macam Bawang-bawangan

Tanya [27]: Master Lu, sewaktu bervegetarian hal-hal apa yang harus diperhatikan? Bolehkah kami minum susu? Bolehkah kami mengkonsumsi minyak ikan cod?

Jawab [27]:

  • Ada lima macam sayuran yang tidak termasuk dalam vegetarian, dinamakan dengan “Wu Xin – lima macam bawang-bawangan” yaitu bawang merah, bawang bombay, lokio/kucai (chinese allium), bawang putih dan daun bawang. Anda tidak boleh mengkonsumsinya bila anda bervegetarian.
    wu xin - bawang
  • Wu Xin atau kelima bawang-bawangan ini memiliki aroma yang kuat yang bisa mempengaruhi sel-sel otak kita dan menumbuhkan atau merangsang hasrat duniawi.
  • Selain itu, mengkonsumsi kelima bawang-bawangan dapat menyebabkan nafas kita berbau. Jangan mengkonsumsinya sebelum melafalkan paritta, jika anda memakannya lalu melafalkan paritta, maka pahala yang dihasilkan dari melafalkan paritta akan hilang dan kekuatan paritta yang anda lafalkan akan berkurang banyak, tidak bisa membuka jalan untuk mencapai pencerahan bagi si pelafal. Ini juga salah satu penyebab mengapa sebagian orang melafalkan paritta tidak ada hasilnya.
  • Di hari-hari saat anda berikrar untuk bervegetarian, tidak boleh mengkonsumsi sayuran yang mengandung bawang ataupun sayuran yang dimasak dengan minyak beraroma bawang (tidak boleh menggunakan teknik memasak “qiang guo” (di mana jahe, bawang, cabai atau bumbu rempah lainnya ditumis dengan minyak panas sampai harum, baru memasukkan sayuran).
  • Jika anda sudah berikrar untuk bervegetarian penuh, maka anda tidak boleh mengkonsumsi minyak ikan cod. Ada tiga macam makanan non vegetarian yang boleh dikonsumsi, yaitu susu, keju dan telur.
  • Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan membaca {Tanya-Jawab Seputar Dharma} No.115 "Mengenai mengkonsumsi sayuran yang dimasak bersama daging".
Admin

Admin

Master Jun Hong Lu Dharma Events

Since 2010, in response to the invitations from Buddhist followers around the globe, Master Lu have organized Dharma events in many countries including Australia, United States, Canada, Belgium, Spain and many more.